Tujuan utama
perbaikan pesawat terbang adalah untuk mengembalikan bagian-bagian yang mengalami
kerusakan ke kondisi aslinya. Terkadang strength (kekuatan) merupakan kebutuhan
utama yang dibutuhkan dalam suatu perbaikan struktur, tetapi terdapat aspek
lain yang dibutuhkan dalam suatu perbaikan struktur pesawat terbang. Sebagai
contoh, fuel tank harus terlindung dari kebocoran; cowling dan fairing harus
memiliki bentuk streamline dan dapat menambah estetika. Oleh karena itu, kita
harus menentukan jenis perbaikan apa yang harus kita lakukan agar sesuai dengan
kebutuhannya.
Sebuah inspeksi kerusakan dan perkiraan
yang akurat untuk menentukan jenis perbaikan yang akan dilakukan merupakan
langkah yang paling penting untuk dilakukan sebelum melakukan perbaikan.
Inspeksi tersebut termasuk memperkirakan jenis perbaikan yang akan dilakukan;
jenis patch yang akan dipakai, jenis, ukuran, dan jumlah rivet yang akan
dipakai; dan kekuatan, ketebalan, serta jenis material yang dibutuhkan dengan
tujuan agar repair member tersebut tidak jauh lebih berat namun memiliki
kekuatan yang sama dengan struktur aslinya.
Ketika
mencari kerusakan pada sebuah pesawat, pemeriksaan secara luas pada struktur
penting dilakukan. Ketika terdapat komponen yang mengalami kerusakan,
pemeriksaan pada struktur dimana komponen itu terpasang juga harus dilakukan
karena kekuatan kerusakan mungkin saja menyebar ke area yang lebih luas.
Nondestructive
inspection (NDI) juga digunakan sebagai kebutuhan ketika memeriksa kerusakan.
Dengan menggunakan NDI, kita dapat mengetahui dan mencegah sebuah kerusakan
berkembang menjadi kerusakan yang fatal dan berbahaya. Teknisi yang terlatih
dan berpengalaman dapat mendeteksi kerusakan secara akurat dan handal. Beberapa
kerusakan yang biasanya ditemukan melalui NDI diantaranya korosi, pitting,
heat/stress crack, dan discontinuity of metal.
Dalam
perbaikan sheet metal pesawat terbang penting diperhatikan:
-
Menjaga kekuatan
aslinya (Maintain original strength)
-
Menjaga bentuk
aslinya (Maintain original contour)
-
Meminimalkan berat
(Keeping weight to a minimum)
Maintaining Original Strength
Beberapa
aturan dasar harus diperhatikan apabila melakukan perbaikan dengan konsep
‘maintaining original strength’.
Pastikan
luas daerah splice atau patch yang akan digunakan sama atau lebih besar daerah
yang mengalami kerusakan. Untuk mengurangi kemungkinan terjadinya crack yang
berasal dari ujung patch, maka dapat dilakukan dengan membuat patch yang
berbentuk oval atau lingkaran. Apabila harus membuat patch yang berbentuk
persegi panjang, maka harus dibuat lengkungan di tiap ujungnya dengan radius
yang tidak kurang dari ½ inci. Apabila patch digunakan untuk menahan beban
tekan dan beban tekuk, maka patch harus diletakkan pada bagian luar struktur agar
dapat menahan beban yang lebih besar.
Jenis
material yang digunakan untuk mengganti atau memperkuat struktur yang rusak
harus sama dengan struktur aslinya. Apabila sebuah material pengganti yang
digunakan lebih lemah daripada struktur aslinya, maka tebalnya harus dibuat
lebih besar untuk membuat kekuatan yang sama. Sebuah material yang lebih kuat
namun lebih tipis tidak dapat digunakan untuk mengganti struktur asli karena
sebuah material bisa saja memiliki kekuatan tarik yang lebih besar tapi
memiliki tekanan yang lebih kecil dari material lainnya, dan sebaliknya. Jenis
material dan ketebalan yang dapat digunakan sebagai material pengganti biasanya
terdapat pada Structure Repair Manual (SRM) yang dikeluarkan oleh pabrik
pesawat.
Ukuran
rivet yang akan digunakan dapat ditentukan dengan melihat rivet yang digunakan
pabrik pesawat pada baris rivet di bagian struktur yang tidak dilakukan
perbaikan. Metode lainnya adalah dengan menggunakan perkalian antara tebal skin
pesawat dikali tiga dan kemudian digunakan rivet yang sedikit lebih besar.
Sebagai contoh apabila skin pesawat tebalnya 0,04 inci, kalikan 0,04 inci
dengan tiga, maka hasilnya adalah 0,12 inci. Kemudian digunakan rivet yang sedikit
lebih besar dari 0,12 inci yaitu 0,125 inci (1/8 inci).
Maintaining Original Contour
Melakukan
perbaikan dengan konsep ‘maintain original contour’ berarti menjaga bentuk asli
bagian struktur yang diperbaiki. Contohnya apabila melakukan repair di bagian
leading edge sebuah sayap, maka patchnya harus tetap dibuat aerodinamis agar tidak
menimbulkan gaya hambat. Perbaikan dengan konsep ini terutama digunakan untuk
membuat patch pada bagian luar skin pesawat berkecepatan tinggi.
Keeping Weight to a Minimum
Artinya
tetap menjaga berat struktur dan komponen yang digunakan saat melakukan
perbaikan seminimal mungkin. Dengan konsep ini, kita harus membuat ukuran patch
seminimal mungkin dan tidak menggunakan rivet berlebih dari yang dibutuhkan.
Dalam beberapa kasus, perbaikan dapat menggangu keseimbangan struktur pesawat. Penambahan
berat dalam setiap perbaikan dapat membuat pesawat menjadi tidak seimbang dan
memerlukan pengaturan kembali pada trim tab dan balance tab. Apabila dilakukan
perbaikan pada flight control kemudian terjadi penambahan berat, maka sangat
penting untuk melakukan pemeriksaan keseimbangan untuk menentukan apakah flight
control tersebut masih berada dalam batas keseimbangannya atau tidak.
diterjemahkan dari Aviation Maintenance Handbook - Airframe vol.1, FAA.
Thanksbang ilmunya :DD
ReplyDeleteOke sama2, semoga bermanfaat ya.. :)
DeleteSlots by Pragmatic Play - AprCasino
ReplyDeletePragmatic Play. Pragmatic gri-go.com Play. Pragmatic apr casino Play. Slot Machine. The Dog https://sol.edu.kg/ House. Slots. www.jtmhub.com Wild West Gold. Pragmatic kadangpintar Play. Jackpot Party.