airtech

airtech

Thursday 30 January 2014

Perbaikan Pada Struktur Stressed Skin Pesawat

         Kerusakan kecil pada bagian luar skin pesawat dapat diperbaiki dengan memasang patch di bagian dalam daerah yang mengalami kerusakan. Filler plug dipasang pada lubang yang telah dibuat pada daerah skin yang mengalami kerusakan. Filler tersebut membentuk permukaan yang smooth yang dibutukan untuk kebutuhan aerodynamic smoothness sebuah pesawat. Ukuran dan bentuk patch ditentukan oleh jumlah rivet yang dibutuhkan pada perbaikan. Jumlah rivet dapat ditentukan dengan menggunakan rumus. Patch harus memiliki material yang sama dengan material skin yang akan direpair dan juga memiliki ketebalan yang sama dengan skin aslinya.

       Patch
       Skin patch dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis, yaitu nonflush patch dan flush patch.

       Nonflush patch
       Nonflush patch adalah jenis patch yang dipasang di bagian luar permukaan skin pesawat terbang. Patch tersebut dipasang tumpang-tindih dengan skin kemudian dikencangkan dengan rivet. Nonflush patch digunakan pada kebanyakan daerah yang tidak terlalu mengutamakan aerodynamic smoothness.

       Ketika melakukan perbaikan terhadap crack atau lubang kecil menggunakan nonflush patch, kerusakan harus dibersihkan dan dihaluskan terlebih dahulu. Pada pengerjaan perbaikan crack, perlu dibuat lubang kecil di setiap ujung crack sebelum memasang patch. Lubang-lubang tersebut dapat mengurangi tekanan pada titik tersebut dan mencegah crack menjadi menyebar. Ukuran patch harus cukup besar untuk dipasangi rivet. Patch dapat berbentuk lingkaran, persegi, atau persegi panjang. Apabila patchnya berbentuk persegi atau persegi panjang, maka ujungnya harus dibuat melingkar dengan radius tidak lebih kecil dari ¼ inci.

       Flush Patch
       Flush patch adalah metode perbaikan skin pesawat dengan memasang filler patch yang rata dengan skin pesawat. Filler ini kemudian diperkuat dengan doubler plate yang dirivet di bagian dalam skin. Ukuran filler harus sama dengan ukuran lubang yang telah dibuat pada skin pesawat, dan jenis materialnya pun harus sama dengan material skin pesawat. Pada flush patch ini digunakan jenis rivet countersunk yang memiliki kepala yang rata karena metode ini digunakan pada area yang mengutamakan aerodynamic smoothness.

diterjemahkan dari Aviation Maintenance Handbook - Airframe vol.1, FAA.

1 comment:

  1. Coin Casino Review | All Casinos | ᐈ All Games
    Get into クイーンカジノ the game with ➤ All Slots Online with ➤ Full List of All Casinos ✚ All casino bonus codes ✓ Mobile App 10bet for 코인카지노 Android & iPhone.

    ReplyDelete